Unsur-unsur Utama Siklus Hidrologi

Hidrosfer berasal dari kata hidros = air dan sphere = daerah atau bulatan. Hidrosfer dapat diartikan daerah perairan yang mengikuti bentuk bumi yang bulat. Daerah perairan ini meliputi samudera, laut, danau, sungai, gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di atmosfer. Diperkirakan hamper tiga per empat muka bumi tertutup oleh air.

Air di bumi memiliki jumlah yang tetep dan senantiasa bergerak dalam suatu lingkaran peredaran yang disebut siklus hidrologi, siklus air dan daur hidrologi.

Matahari yang memancarkan energy panas memanasi daerah-daerah air di permukaan bumi terutama samudera dan laut, sehingga terjadilah proses penguapan. Uap air tersebut kemudian bergerak naik ke udara yang segera diikuti penurunan suhu. Pada ketinggian tertentu, uap air yang mengalami kondensasi (pengembunan) berubah menjadi embun atau awan. Selanjutnya, embun berubah menjadi hujan atau salju.

Siklus air debedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut :

  1. Siklus kecil, yaitu air laut menguap, mengalami kondensasi menjadi awan dan hujan, lalu jatuh ke laut.
  2. Siklus sedang, yaitu air laut menguap, mengalami kondensasi dan angina membawa air, membentuk awan di atas daratan, jatuh sebagai hujan, lalu masuk ke tanah, selokan, sungai dank e laut lagi.
  3. Siklus besar, yaitu air laut menguap menjadi gas kemudian membentuk Kristal-kristal es di atas laut, dibawa angina ke daratan (pegunungan tinggi), jatuh sebagai salju, membentuk gletser (lapisan es yang mencair), masuk ke sungai, lalu kembali ke laut.

Sumber : Geografi SMA kelas 10 tahun 2006 hal. 166-167

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: