Langkah-langkah Manajer dalam Mengelola SD Fisik dan SD Konseptual

BAB I

PENDAHULUAN

Sumber daya alam yang ada dewasa ini masih belum dirasakan manfaatnya secara nyata oleh sebagian besar masyarakat. Pengelolaan sumber daya alam tersebut belum memenuhi prinsip-prinsip keadilan dan keberlanjutan. Selain itu lingkungan hidup juga menerima beban pencemaran yang tinggi akibat pemanfaatan sumber daya alam dan aktivitas manusia lainnya yang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan.

Sumber daya di peroleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Setelah sumberdaya disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunaan tersebut dan meninimalkan waktu dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak. Akhirnya, manajer mengganti sumberdaya ini pada saat kritis atau sebelum sumberdaya tersebut menjadi tidak efisien lagi.

Tugas manajer adalah bagaimana mengelola sumberdaya ini agar dapat digunakan secara efektif. Empat jenis sumberdaya yang pertama memiliki wujud, ada secara fisik, yang disebut sumberdaya fisik. Dan sumberdaya yang terakhir, informasi, atau disebut sumberdaya konseptual.

BAB II

ISI

Sumber daya utama terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya fisik dan sumber daya konseptual. Sumber daya fisik meliputi Man (manusia), Material (Bahan), Machine (mesin), dan Money (uang) yang biasa disingkat 4M. Sumber daya konseptual yaitu Informasi. Kelima faktor inilah yang harus dikelola oleh seorang manajer guna mencapai kesuksesan.

Berikut ini merupakan langkah yang harus diambil oleh seorang manajer dalam mengelola sumber daya utama :

1. Man (manusia)

Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

2. Material (bahan)

Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

3. Machine (mesin)

Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. Untuk itu seorang manajer harus memperhatikan secara mendetail bagaimana menggunakan mesin yang tepat agar lebih efektif dan efisien.

4. Money (uang)

Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.

5. Informasi

  1. Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna.
  2. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.
  3. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikanya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.

Seluruh akitivitas ini adalah memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat disebut manajemen informasi.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Empat jenis sumberdaya yang pertama memiliki wujud, ada secara fisik, yang disebut sumberdaya fisik. Dan sumberdaya yang terakhir, informasi, atau disebut sumberdaya konseptual. Tugas manajer adalah bagaimana mengelola sumberdaya ini agar dapat digunakan secara efektif guna mencapai kesuksesan.

Referensi

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.smecda.com%2Fe-book%2FSIM%2Fsimbab1.pdf&ei=XsF-UN26MIbUrQeT_ICADQ&usg=AFQjCNFbP7xaTmtURXTb7PR0F2766QjefQ

http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: